Kegiatan Jakarta Karnaval atau yang biasa disebut Jakarnaval tahun 2011 berlangsung cukup meriah. Atraksi kebudayaan dan parade mobil hias mewarnai kegiatan Jakarnaval tahun ini. Namun dibalik kemeriahan acara tersebut, kemacetan yang cukup parah terjadi di seputaran Jalan Medan Merdeka. Terutama Jalan Medan Merdeka Timur.

Kemacetan di Jalan Medan Merdeka Timur disebabkan karena banyaknya pengguna jalan, khususnya pengguna sepeda motor yang berhenti untuk melihat parade mobil hias. Selain itu sulitnya menemukan parkiran motor di sekitar jalan tersebut juga menjadi faktor terjadinya kemacetan.

Anggota Polres Jakarta Pusat Brigadir M.H. Fatur R mengatakan bahwa kemacetan ini terjadi akibat antusiasme masyarakat yang begitu besar untuk menyaksikan Jakarnaval. Selain itu tidak tertibnya pengguna jalan, terutama pengguna kendaraan bermotor yang memarkir kendaraannya di sembarang tempat, membuat arus lalu lintas di sepanjang Jalan Medan Merdeka Timur menjadi terhambat.

Menurutnya, parkiran motor sudah disediakan di dekat stasiun Gambir dan juga di seputaran patung kuda. Namun ternyata parkiran motor yang disediakan tidak bisa menampung seluruh kendaraan pengunjung Jakarnaval yang cukup membludak. “ternyata animo pengunjung sangat besar. Ini diluar perkiraan kami” .

Namun pihak kepolisian terus berupaya agar jalan disekitar Medan Merdeka Timur tidak terjadi penumpukan kendaraan. Dengan mengatur para pengguna sepeda motor yang berhenti dan memarkir kendaraannya disembarang tempat. Dan juga menghimbau kepada pengunjung untuk tidak  menonton kegiatan parade sampai ke tepi jalan raya.

Sementara itu, Ahmad salah seorang pengunjung yang memarkir sepeda motornya dipinggir Jalan Medan Merdeka Timur mengatakan bahwa sangat sulit untuk menemukan parkiran motor di area Jakarnaval. “Tidak ada pengumuman tentang parkiran motor. Saya sudah berkeliling sampai Monas, tetapi parkiran motornya sudah penuh. Terpaksa saya parkir dipinggir jalan sini”.

Menurut Brigadir M.H. Fatur R, Sebenarnya pihak kepolisian sudah mensosialisasikan tentang adanya penutupan jalan dan juga mengenai lokasi parkiran kendaraan sejak dua hari sebelum acara Jakarnaval dimulai. Informasi tersebut disebar melalui jejaring sosial yaitu facebook dan twitter Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya. Dan juga pengumuman menggunakan spanduk.

Jalan-jalan yang ditutup untuk kegiatan Jakarnaval 2011 adalah Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan M.H. Thamrin dan Bundaran Hotel Indonesia. Penutupan jalan tersebut berlangsung dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sekitar 200 petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Jakarnaval tahun ini. (teks : Fathur, foto : Asangga)